Sewa dalam gaya hidup minimalis



Hai Mom, kali ini Mamataro coba mengulas 1 buku yang baru – baru ini Mamataro baca dan sangat menarik buat diterapkan.

Buku ini ditulis oleh Fumio Sasaki dengan judul “Good Bye , things – hidup minimalis ala orang jepang”.

Yang menginsipirasi dari buku ini ternyata kita bisa banyak merasakan banyak dampak positif dari gaya hidup less is more.

Filosofi ini mengajarkan kita untuk tidak hidup konsumtif dan fokus hanya pada barang – barang yang kita anggap penting. Gaya hidup ini tidak hanya berdampak pada hematnya pengeluaran keluarga , namun juga banyaknya barang atau item yang mommy simpan di rumah, sehingga rumah kita bisa lebih rapid an bersih yang tentunya juga membuat keluarga lebih nyaman di rumah.


Berikut beberapa tips untuk menerapkan gaya hidup ini :


1. Tanya kembali pada diri sendiri apa yang terpenting.

Mommy bisa buat Buat daftar barang-barang penting dan mulai pisahkan berdasarkan prioritas. Tanyakan ke diri kita sendiri mana benda-benda yang diperlukan mana yang tidak, di kehidupan sehari-hari. Jika sudah dipisahkan , mommy bisa menyumbangkannya atau menjualnya kembali. Ini berlaku untuk semua ada di dalam rumah ya , mulai dari furnitur, mainan dan perlengkapan anak , peralatan dapur, hingga isi lemari.


2. Pengeluaran hanya untuk yang diperlukan.

Menjaga semua tetap minimalis pasti akan berpengaruh pada pola pengeluaran, mommy harus benar-benar selektif dalam membeli barang ataupun bahan makanan. Normal terkadang kita tergiur dengan diskon, padahal jika dipikir lagi, barang tersebut tidak terlalu penting. Ini yang perlu mommy hindari, benar-benar gunakan uang untuk barang yang dibutuhkan saja.


3. Tak cuma soal benda, makanan juga.

Mengurangi makan di luar dan membiasakan masak dan makan makanan di menjadi bagian dari gaya hidup ini. Selain itu , membiasakan masak untuk kebutuhan 1 hari atau 1 kali makan akan membuat mommy mengurangi kebiasaan menyimpan.


4. Menggunakan pola hidup style minimalis.

Menjadi minimalis dapat dilibatkan pada semua aspek di kehidupan, termasuk jumlah baju. Seperti halnya Fumio Sasaki yang hanya memiliki tiga potong kemeja, mommy juga bisa memilah mana pakaian yang betul-betul dibutuhkan. Bahkan, Fumio Sasaki menyarankan untuk menjual pakaian yang kita sudah tidak pakai lebih dari 3 bulan.

Ternyata, dengan semua gaya hidup yang dijalani ini, Fumio Sasaki bisa lebih merasakan kebebasan sejati, kedamaian pikiran, dan penghargaan terhadap momen saat ini.


Dari semua saran untuk gaya hidup minimalis ini, mamataro menyadari ternyata sewa menyewa barang menjadi salah satu gaya hidup penting untuk menerapkan pola hidup minimalis. Fumio Sasaki juga menyarankan untuk melihat kembali item- item apa yang bisa kita sewa , karena dengan menyewa kita bisa membayar lebih murah dan menghemat ruang tempat kita karena penggunaan barang tersebut hanya sementara atau jarang – jarang.


Karena itulah, selain menyewakan perlengkapan anak mamataro juga membuka penyewaan koper (www.koperia.id). Mommy juga bisa titip sewa ke kami ketika mommy merasa item – item tersebut sudah tidak dipakai di rumah. Semoga ini membantu Mommy lebih hemat baik dari sisi keuangan maupun ruangan di rumah.


Menarik ya Mommies, semoga bisa menginsipari dan mommies terapkan di kehidupan keluarga.

Visit

About Us

Social

  • Instagram
© 2020 mamataro.id